Rabu, 04 November 2020

Apa Itu Futsal?

 

Pengertian dan peraturan Futsal



Pengertian Futsal- Futsal adalah Olahraga bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan 5 orang pemain. Tujuan Olahraga Futsal adalah mamasukkan bola ke gawang lawan. Dengan menggunakan kaki, kepala, dan semua bagian tubuh kecuali tangan.

Tidak seperti Sepak Bola Olahraga Futsal dimainkan di ruang tertutup dan di tempat yang rata. Dengan ukuran lapangan yang lebih kecil dan jumlah pemain yang lebih sedikit dari Sepak Bola. Juga lapangan Futsal dibatasi oleh garis bukan dengan net atau dengan sebuah papan.

Pengertian Futsal dan Sejarahnya

Futsal berasal dari Bahasa Spanyol dari kata Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan). Apabila dua kata tersebut digabungkan maka menjadi Sepak Bola dalam ruangan (Futsal). Olahraga Futsal pertama dipopulerkan di Montevideo, Uruguay tahun 1930.

Oleh salah satu pelatih sepak bola asal Argentina yang bernama Juan Carlos Ceriani. Olahraga ini mendapatkan banyak perhatian dari Amerika Selatan, terutama Brasil. Keindahan permainan ini dapat dilihat seperti yang diperlihatkan pemain Brasil di luar lapangan. (Bermain Sepak bola)

Sebagai contohnya adalah Edison Arantes do Nascimento atau yang lebih dikenal dengan Pele . Pemain bintang asal Brasil yang mengembangkan bakatnya dari Olahraga Futsal. Negara brasil terus menjadi kiblat atau pusat Olahraga Futsal hingga hari ini.

Olahraga ini sekarang dimainkan dalam perlinduingan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia. Sejarah Olahraga Futsal versi FIFA tidak bisa di terima begitu saja oleh dunia. Ada beberapa Negara yang mengklaim bahwa Olahraga Futsal berasal dari Negara mereka yaitu dari Kanada dan Brasil.

Futsal berkembang pesat di Negara Brasil, maka pada tahun 1936 dibuatlah kesepakatan dan aturan Olahraga Futsal. Peraturan saat itu tidak jauh berbeda dengan peraturan saat ini. Dengan adanya peraturan dan kesepakatan ini, Futsal semakin dikenal bahkan digemati di Amerika Latin.

Lapangan Futsal dan Tanda Lapangan

pengertian futsal
sumber:pixabay.com
  1. Lapangan Futsal harus berbentuk segi empat yang ditandai dengan garis untuk pembatas. Warna garis harus berbeda dengan warna lapangan agar bisa dibedakan oleh setiap pemain.
  2. Ukuran Lapangan Futsal berstandar Nasional memiliki panjang 25-42 meter dan lebar 15-15 meter.
  3. Ukuran Lapangan Futsal berstandar Internasional memiliki panjang 38-42 meter dan lebar 18-25 meter.
  4. Permukaan Lapangan Futsal harus halus, rata dan tidak abrasif.
  5. Disarankan permukaan lapangan terbuat dari kayu atau lantai parkit atau bahan semisalnya. Tetapi harus menghindari penggunaan bahan beton atau korn blok.
  6. Lapangan Futsal dibagi menjadi dua bagian, yang pisahkan oleh garis yang disebut dengan garis tengah lapangan.
  7. Titik pusat ditandai dengan titik yang berada di tengah-tengah garis tengah lapangan. Yang dikelilingi lingkaran tengah dengan panjang jari-jari 3 meter.
  8. Garis batas lapangan selebar 8 cm meliputi garis samping, garis gawang,dan garis melintang tengah lapangan.

Gawang, Titik Pinalti dan Tendangan Sudut

pengetian futsal, gawang futsal
sumber:blogsport.com
  1. Setengah lingkaran dengan jari-jari 6 meter ditarik sebagai pusat dari masing-masing tiang gawang.
  2. Jarak titik pinalti utama adalah 6 meter dari titik tengah gawang.
  3. Jarak titik pinalti kedua adalah 10 meter dari titik tengah garis gawang.
  4. Gawang harus berada di tengah-tengah garis gawang. Ukuran gawang Olahraga Futsal adalah lebar gawang 3 meter dan tinggi gawang 2 meter.
  5. Tiang gawang terbuat dari kayu, logam atau bahan lainnya yang telah menjadi kesepakatan.
  6. Warna tiang gawang dan mistar gawang harus berbeda dengan warna lapangan permainan.
  7. Kedua tiang gawang dan mistar gawang memiliki lebar dan dalam yang sama yaitu 8 cm.
  8. Jaring terbuat dari tali rami atau nilon dan dikaitkan pada tiang dan mistar gawang.
  9. Busur tendangan sudut dengan radius 25 cm di setiap sudut Lapangan Olahraga Futsal. 

Sumber:https://karyapemuda.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa Itu Tennis Meja?

  Pengertian Tenis Meja Tenis meja adalah cabang olahraga yang dilakukan oleh dua orang pemain (tunggal) atau dua pasang pemain (ganda) seca...